twitter
    Jadikanlah Blog ini sebagai inspirasi buat anda :)

Minggu, 14 Februari 2010

AL-KHAWARIZMI SI BAPAK ALJABAR

Al-Khawarizmi lahir pada tahun 780M di Khawarizm, Uzbekistan dan meninggal di Baghdad pada tahun 850M. Nama lengkapnya adalah Abu Ja’far Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi.

Al-Khawarizmi termasuk ilmuwan muslim yang ahli dalam bidang matematika. Ia terkenal sebagai bapak aljabar. Di dunia barat ia dikenal dengan sebutan Algoarismi atau Algorism. Artinya, aritmatika dengan menggunakan angka arab. Oleh karena itu, nama Al-Khawarizmi digunakan sebagai salah satu cabang dalam ilmu matematika. Selain itu Al-Khawarizmi juga ahli di bidang astronomi dan geografi.

Pada masa pemerintahan khalifah Al-Makmun di Baghdad, Al-Khawarizmi mendapat tugas mengelola Bait al-Hikmah (rumah kearifan) di sebuah observatorium. Banyak hasil emikiran Al-Khawarizmi, antara lain penggunaan angka India dan angka nol. Buku itu kemudian diterjemahkan ke bahasa Latin oleh Prince Boncompagni dengan judul Trattati d’Arithmatica yang diterbitkan di Roma pada tahun 1857M.

Pemikiran Al-Khawarizmi di bidang matematika diakui oleh dunia. Ia menjadi ilmuwan muslim di bidang matematika sampai abad ke-XVII. Hasil karyanya yang terkenal adalah table-tabel trigonometri. Mata pelajaran aljabar dalam matematika merujuk dari hasil karya Al-Khawarizmi yang berjudul Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah (kalkulasi integral dan persamaan).

Karya lain Al-Khawarizmi di bidang aljabar adalah teori segitiga sama kaki. Dalam teori tersebut dijelaskan tentang cara menghitung luas segitiga, jajar genjang, lingkaran, dan cara menghitung tinggi sebuah segitiga sampai pada harga phi (∏). Yang dimaksud harga phi adalah harga perbandingan keliling sebuah lingkaran terhadap garis tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails