twitter
    Jadikanlah Blog ini sebagai inspirasi buat anda :)

Selasa, 09 Maret 2010

Keutamaan Hari Jum’at

Di dalam 1 tahun ada 1 bulan yang istimewa yaitu bulan Ramadhan. Di dalam satu bulan itu ada 1 hari yang istimewa, yaitu hari jumat. Dan di tiap hari itu ada waktu yang istimewa, yaitu tiap 1/3 malam. Namun pada postingan kali ini saya akan membahas tentang keutamaan hari Jum’at. Adapun keutamaan/keistimewaan hari Jum’at adalah:

1. Hari paling utama di dunia

Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada hari jum’at ini, antara lain:
* Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya.

* Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga.

* Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi.

* Hari akan terjadinya kiamat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:
“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

2. Hari bagi kaum muslimin

Hari jum’at adalah hari berkumpulnya umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta do’a.

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails