twitter
    Jadikanlah Blog ini sebagai inspirasi buat anda :)

Selasa, 16 Februari 2010

Menyikapi Kegagalan dengan Bijaksana!!!

Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan di masa hidupnya (gagal dalam tes, gagal cinta, gagal jadi juara kelas, dll), tak terkecuali orang yang sekarang dianggap sebagai orang sukses dan bermartabat. Lalu bagaimana kita menyikapi kegagalan??? CARA MENYIKAPI KEGAGALAN YANG TERBAIK ADALAH DENGAN MENERIMANYA bukan dengan cara membiarkan apalagi menolak. Menerima adalah model penyikapan yang paling ideal yaitu menerima kegagalan dengan kualitas yang tinggi. Di sini kegagalan adalah materi pembelajaran diri atau kurikulum pendidikan situasi. Dan hal ini tentu saja bukan berarti bahwa semakin banyak kegagalan semakin bagus tetapi yang ingin difokuskan adalah bagaimana individu menempatkan kegagalan sebagai proses yang menyertai realisasi gagasan. Dengan kegagalan maka kita akan mengetahui usaha-usaha yang sudah kita lakukan seberapa jauh, tanpa mengesampingkan evaluasi-evaluasi usaha/cara apa yang perlu kita lakukan agar dapat mengubah kegagalan tersebut menjadi sebuah kesuksesan yang didamba-dambakaan kebanyakan orang. Bila kita takut gagal maka secara langsung kita juga takut sukses, karena sukses itu bermula dari kegagalan-kegagalan yang menimpa kita.

Anthony Robbins dalam bukunya Unlimited Power,menyatakan bahwa kebanyakan orang dalam kebudayaan kita diprogramkan untuk takutgagal. Padahal, kita semua pernah menginginkan sesuatu tetapi mendapatkan yang lain.

Orang selalu sukses mendapatkan semacam hasil. Sukses-sukses super dari kebudayaan kita bukanlah orang yang tidak gagal, melainkan orang yang tahu bahwa mereka mencoba sesuatu dan tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka mendapatkan pengalaman belajar. Mereka gunakan apa yang telah mereka pelajari itu dan mencoba sesuatu yang lain saja. Mereka ambil tindakan-tindakan baru dan menghasilkan hasil-hasil baru. Abraham Lincoln paling tidak mengalami minimal 11 kegagalan besar sebelum menjadi Presiden. Asa Candlerpembeli hak kemasan Coca-Cola pernah gagal memasarkan minuman pada pabrik soda pada 1899. Soichiro Hondamenyatakan bahwa yang diketahui orang lain tentang kesuksesannya itu hanya 1 % padahal kegagalannya 99% yang tidak diketahui orang.

Salah satu aset yang bermanfaat hari ini dibandingkan hari kemarin adalah pengalaman. Orang yang takut gagal akan berperilaku untuk tidak berbuat sesuatu yang mungkin tidak efektif. Inilah yang menghalangi mereka dari mengambil tindakan yang sebetulnya bisa menjamin tercapainya keinginan mereka. Orang yang percaya pada kegagalan itu hampir dijamin biasa-biasa saja keberadaannya. Kegagalan adalah sesuatu yang pokoknya tidak dipersepsikan oleh orang-orang yang mencapai kebesaran. Mereka tidak terpuruk oleh kegagalan. Mereka tidak melekatkan emosi-emosi negatif kepada sesuatu yang tidak efektif. Maka sesungguhnya kegagalan itu tidak ada, tetapi yang ada adalah hasil yang tidak sesuaidengan yang kita inginkan dan kesuksesan sejati adalah apabila kita dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan Tuhan.

So, teruslah berusaha, pantang menyerah, positive thinking untuk mencapai kesuksesan yang kita impi-impikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails