twitter
    Jadikanlah Blog ini sebagai inspirasi buat anda :)

Kamis, 08 Juli 2010

SIEM 2010 Telah Dihelat

Kemarin (Rabu 7-7-2010) gelaran musik bertaraf internasional kembali digelar di Solo, tepatnya di Stadion Sriwedari. Kegiatan yang bernama Solo Internasional Contemporary Etnic Music (SIEM) ketiga tersebut akan dihelat selama 5 hari berturut-turut, mulai pukul 20.00-23.00.

Upacara pembukaan SIEM 2010 dilaksanakan pukul 20.00, dibuka oleh pejabat lokal, Wali Kota Surakarta Joko Widodo. Sebagai penanda pembukaan, penonton diajak membunyikan benda apa saja yang ada di sekelilingnya.

Penyaji pada malam pertama tersebut merupakan kelompok pembuka nonfestival. Tampil pada malam itu, kelompok Reog Kendang dari Tulungagung. Mereka menampilkan musik reog yang sangat kental dengan nuansa etnik.

Terutama, irama kendang, gong serta tiupan seruling khas Jawa Timur. Lantaran menitikberatkan pada musik, unsur pelengkap lain seperti jaran kepang dan topeng tidak di bawa serta.

Seremonial pembukaan SIEM ketiga di Kota Solo tersebut juga dimeriahkan penampilan Keroncong Tenggara merupakan musik populer tertua yang mengiringi lagu Jembatan Merah dan Bengawan Solo ciptaan Sang Maestro Gesang membuat ribuan penonton terdiam teringat ketenaran kota ini.

Bahkan, SIEM ketiga menjadi bersemangat setelah drummer kecil Raffi And The Beat membawakan lagu perahu layar diiringi dengan penataan musik yang lembut sehingga lagu campur sari ditampilkan dengan indah.

SIEM yang menampilkan musik etnik yang unik, tetapi terkesan glamour tersebut mengguncangkan masyarakat Kota Solo, setelah menampilkan penyanyi terkenal dan pencipta lagu, Rieka Roeslan bersama Troubadours.

Rieka bersama musisi yang tergabung dalam Troubadours yang berarti penggembara musik tersebut menyuguhkan album yang diiringiri musik jazz membuat penonton tergoyah bergerak mengikuti alunan musiknya.

Dalam pementasan itu, mantan personel The Groove itu membawakan enam buah lagu. Masing-masing lagu dibawakan dengan genre yang berlainan, seperti samba, jazz, blues, irama Minang hingga new age.

Silahkan kunjungi SIEM untuk keterangan tentang tempat pengambilan tiket (tiket gratis), jadwal acara, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails